Masjid Agung Al-Azhar | Mosque for Educational and Cultur Movement

Switch to desktop Register Login

Keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1434 H & 1 Syawal 1434 H

Dalam rangka memberikan pelayanan dan Informasi khususnya kepada jamaah di lingkungan YPI Al-Azhar dan Masyarakat Luas pada umumnya tentang awal Ramadhan dna 1 Syawal 1434 H/2013 M dengan ini Pengurus YPI Al-Azhar telah mengeluarkan keputusan penetapan dengan didasarkan hasil Mudzakarah "Penentuan Awal Ramadhan dan 1 Syawal 1434 H" yang telah diselenggarakan oleh Pengurus Takmir Masjid Agung Al-Azhar pada hari Sabtu, 08 Juni 2013 yang lalu, dengan nara sumber ahli Prof. DR. H. Muji Raharto (Pakar Astronomi ITB / Boscha), Prof. Dr. H.Susiknan Azhari,M.A (Pakar Astronomi, Hisab dan IPTEK, Majelis Tarjih & Tajdid PP Muhammadiyyah, Daerah Istimewa Jogjakarta) dan DR.KH. Slamet Hambali (Pakar Ilmu Falak IAIN Walisongo, PP Lajnah Falakiyah PBNU, Semarang Jawa Tengah).

Keputusan Mudzakarah ini didasrkan oleh data data yang diberikan oleh para nara sumber ahli yang kesemuanya menyatakan bahwa kedudukan Bulan saat Matahari terbenam kurang dari 2 derajat pada hari senin, 08 Juli 2013 yang mana tersebut merupakan kriteria taqwim standar.

Berdasarkan data dan hasil Mudzakarah diatas maka dengan ini Pengurus YPI Al-Azhar menetapkan bahwa :

  1. Awal Ramadhan 1434 H / 2013 M jatuh pada hari Rabu bertepatan dengan tanggal 10 Juli 2013
  2. 1 Syawal 1434 H jatuh pada hari Kamis, bertepatan dengan tanggal 08 Agustus 2013

Dengan demikian seluruh kegiatan jamaah dan masyarakat umum yang berlangsung di lingkungan YPI Al-Azhar akan mengacu kepada ketetapan tanggal Ramadhan dan Syawal seperti tercantum diatas